Tuesday 8 January 2013

Kuliner : Soto Ayam "Pak Man" Khas Semarang

Soto Ayam "Pak Man" Khas Semarang

Sudah sering dengar yang namanya soto ayam khas Semarang dari istri tercinta. Lama-lama penasaran juga sama kuliner yang satu ini. Akhirnya memutuskan untuk nyobain langsung. Soto ayam khas Semarang sendiri di Kota Semarangnya banyak banget. Ma istri diajakin makan Soto Ayam Khas Semarang Pak Man. Klo dari namanya sih kayanya yang punyanya punya nama Man di depannya, entah dari kata MANtep hehe.. (Sampe tulisan ini ditulis masih belum tau asal muasal kata Man nya dari apa).
 

Soto Ayam Khas Semarang Pak Man di Semarang terdapat di 4 lokasi, saya nyobain yang di Jalan Tri Lomba Juang 20 B. Tempatnya nyaman banget, parkir mobil juga mudah. Khas tempat makan di Semarang yang saya perhatiin, biasanya nyediain tempat makan dengan AC dan Non AC. Berhubung cuaca pagi itu cukup panas terik, akhirnya kita mutusin untuk makan di tempat ber-AC (sekalian ngadem). Masih pagi ketika itu tapi sudah rame orang yang makan di sana, makin penasaran aja ma rasa nya.

Penampakan soto ayam semarang ini bening, seperti Soto Bandunglah kira-kira. Ukuran mangkoknya relatif kecil (untuk ukuran saya loh.. Haha..). Di dalemnya ada suwiran daging ayam, bihun, dan nasi.
Nyicipin untuk yang pertama kalinya, Soto Ayam Khas Semarang polos, ternyata rasanya mencengangkan, hambar alias gak tawar gak ada rasa. Bener kata istri kebanyakan makanan di Semarang kurang "berasa". Mulai deh meracik dengan nambahin kecap, jeruk nipis, garem, dan sambal. Rasanya menjadi bersahabat dengan lidah (lidah Sunda yang suka rada asin hihi..) Pelengkap soto ayam ini ada gorengan tempe yang digoreng kering (kriuk-kriuk banget deh) dan juga sate (usus ayam, telor puyuh, jeroan ayam, ma daging). Harga per porsi sotonya saja sekitar 7-10ribuan, pelengkapnya lumayan mahal di 2-4ribuan per tempe atau per tusuk sate.
 
Pokoknya klo maen ke Semarang kudu nyobain deh soto yang satu ini, dijamin gak nyesel karena beda dengan soto kota lainnya. Klo sebelum diracik makanan ini dapet bintang 3 dari 5, tapi setelah diracik naik deh ratingnya menjadi 4.5 bintang dari 5 hehehe...
Love U My Wife
 

No comments:

Post a Comment