Thursday 10 January 2013

Kuliner : Gadjah Wong Jogjakarta

Gadjah Wong Jogjakarta
Makan di tempat ini merupakan suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi saya. Dari nama restorannya aja udah unik, "Gadjah Wong". Gak tau juga asal muasal nama restoran ini kenapa ada gajahnya. Tempat makan ini persisnya ada di Jl. Gejayan, Condong Catur, Yogyakarta.

Kirain di restoran ini menu makannya dari daging gajah, sukur alhamdulillahnya gak sih hehe.. Dengan imajinasi tinggi, kebayang klo emang beneran sebagian menunya dari gajah, yang disajikan mungkin semur lidah gajah atau oseng-oseng gajah, yang lebih gokil lagi klo sampai ada sup kaki gajah hahaha... Dan juga rendang kuping gajah :) Tempat minumnya pake gading gajah gitu hihi.. Cukup Mal.. Cukup dengan khayalan tingkat tingginya.
Tiba di restoran ini pada malam hari, masih nampak sepi dan juga gelap dari luar. Ternyata restoran ini luas banget di dalamnya karena terdapat beberapa ruangan makan dengan tema yang berbeda. Makin malam restoran ini makin ramai dikunjungi, dan ternyata tamu restoran kebanyakan adalah bule aka orang luar negeri, Usut punya usut restoran ini menjadi rekomendasi tempat makan malam untuk wisatawan dari manca negara (makin beruntung aja udah pernah makan disini). Suasana  restoran cozy banget, mulai pukul 20.00 WIB ada live music klasik dengan biola dan bas betot plus gitar akustik. Betah banget berlama-lama di restoran ini.

Menu makanan yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari makanan internasional sampai dengan makanan tradisional Indonesia. Udah ketebak harganya relatif mahal karena tamunya juga kebanyakan bule. Range harga per menu 100-200ribuan. Untuk minuman juga sangat beragam, mulai dari minuman tradisional sampai dengan wine ada di Gadjah Wong.

Saking bingungnya milih makanan malam itu, akhirnya milih nasi goreng aja dan juga nasi kuning. Udah diduga ketika makanan datang disajikan dengan cara yang berbeda, platingnya luar biasa nambah bikin pengen ngabisin tuh makanan. Nasi gorengnya juga paket lengkap dengan telor mata sapi, sate ayam, sampe abon plus sambal dan acar juga disajikan. Keliatannya pas pesenan dateng nampak dikit, tapi pas dimakan sangat mengenyangkan banget hehe.. Standar porsi makannya bule kayanya yang sekali makan cukup banyak.
 
 
Satu lagi yang buat saya tercengang, Gadjah Wong sangat memperhatikan detail pada makanan, sampe-sampe nyajiin mentimunnya juga dibentuk segala :) Untuk sendok dan garpunya juga unik banget dan rada berat pas digunakan hehe..
 
Sementara untuk pesenan nasi kuningnya gak kalah unik, ketika pesanan datang, nasi kuning disajikan dengan irisan telur dadar, sambel goreng tempe, dan juga bebek goreng. Uniknya nasi kuning disajikan dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk kerucut.
Sesuai dengan namanya tempat makan ini Gadjah Wong, lambangnya juga gajah (tapi bukan gajah duduk, apalagi gajah nungging haha..)
Kesimpulan akhir untuk Gadjah Wong, gak bisa klo gak ngasih bintang 5 untuk restoran ini. Mulai dari tempat, pelayanan, penyajian, dan rasa dari makanannya luar biasa. Bagi yang penasaran, kudu langsung nyobain ke Yogyakarta, dijamin gak akan nyesel deh.. Biar gak rugi, sekalian nginep aja di restorannya klo perlu haha..

4 comments:

  1. iyaa mbaa... sendoknya beraatt dan pegangannya bulet makanya malah susah dipegang.. wkwkwkkwwk.. salam kenal dan BW yaaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena repot ma sendoknya jadi nya pake tangan aja waktu itu hehe..

      Delete
  2. Wah bisa nih kesini kayaknya enak niih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruan kesana deh.. dijamin gak akan nyesel :)

      Delete