Tuesday 29 January 2013

Kuliner : Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha

Klo denger nama makanan di atas rasanya sudah tidak asing di telinga lagi, hampir di setiap acara selalu ada sajian makanan ringan Bika Ambon.

Pasti tetep gak abis pikir kenapa namanya Bika Ambon tapi makanan ini khas dari Medan :) Medan dan Bika Ambon ibarat dua sisi mata uang. tak bisa dipisahkan. Bicara bika ambon tak bisa dilepaskan dari Bika ambon Zulaikha. Tak bisa dipungkiri bahwa Bika Ambon Zulaikha sangat fenomenal hingga saat ini. Padahal Zulaikha termasuk pemain baru, dibanding gerai bika ambon lainnya yang berderet di Jalan Mojopahit, pusat oleh-oleh khas Medan.
Di kota Medan bika ambon mencapai masa gemilangnya puluhan tahun silam. Awalnya dipopulerkan oleh Bika Ambon Atik. Tren itu bertahan lama dan Atiklah yang membuat kawasan Mojopahit diramaikan oleh pengusaha bika ambon. Hingga kini ada sekitar 50-an usaha bika Ambon yang mangkal di jalan tersebut.

Zulaikha memulainya tahun 2003. Kehadirannya seakan-akan menggusur seluruh bika ambon yang selama ini ada. Bayangkan saja, ketika Bika Ambon Zulaikha memiliki pelanggan yang membeludak, yang untuk membeli satu kotak saja harus antri panjang, puluhan gerai bika ambon lainnya nyaris kosong.

Bika Ambon Zulaikha didirikan oleh Hajjah Mariani. Nenek berusia 67 tahun ini memutuskan memberi nama usahanya dengan nama putrinya, Zulaikha. Kehadiran Bika Ambon Zulaikha seperti jadi angin segar bagi kalangan muslim,karena selama ini bika ambon dikuasai oleh kalangan Tionghoa.

Bika ambon yang enak adalah bika dengan serat yang sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut dengan sensasi lemak di ujung lidah. Bahan utamanya terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur, dan air nira. Penggunaan air nira sempat menjadi pro dan kontra dalam hal kehalalannya. Karena ada yang menyamakan air nira sama dengan tuak yang haram diminum oleh kalangan Muslim.

Menurut Zulaikha, bika ambon memang terbuat dari air nira yang khusus diproduksi dari pulau Sumatra. “Yang digunakan murni air nira dan kini sudah ada sertifikat halal dari MUI,” ucapnya. Air niralah yang berperan membuat serat yang sempurna pada bika ambon. Air nira ini difermentasi hingga 10 jam, barulah proses pembuatan bika ambon berjalan sempurna.
Dijelaskan Zulaikha, salah satu kegunaan air nira pada bika adalah untuk membuat kue tersebut mengembang dan membentuk serat halus pada daging kue.

Zulaikha menyediakan berbagai jenis rasa bika ambon, antara lain bika ambon original, keju, moca, dan pandan keju. Harga yang jual per kotak antara Rp 43.000,- dan Rp 60.000,- tergantung dari yang hendak dibeli, original atau yang kecil dan juga tergantung dari varian rasanya.

No comments:

Post a Comment