Thursday 10 January 2013

Fakta : Dibalik Kalsium

Dibalik Kalsium
Selama ini kita diajarkan, Fungsi Kalsium adalah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, gigi, dan kuku. Tapi sebenarnya, itu belum semuanya. Untuk melakukan aktivitas, kita memerlukan energi. Energi sendiri terdiri atas berbagai zat, salah satu nya adalah Ion Ca+, yaitu Calcium. Tubuh manusia dari umur 19-50 tahun, membutuhkan kalsium sekitar 1000mg / hari. 1% dari kebutuhan ini akan digunakan untuk kerja organ. Denyut jantung, kerja hati, ginjal, dan organ organ lainnya, semua dipengaruhi oleh kalsium dalam tubuh kita. Sedangkan SISAnya, 99% dari kalsium ini akan digunakan untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan kuku. Kalsium yang dibutuhkan oleh organ akan diedarkan melalui darah. Bila tubuh kekurangan kalsium, maka kerja organ akan tidak maksimal. Selain itu, tubuh akan mengutamakan kelangsungan hidup sebagai prioritas utama dan berusaha sebisa mungkin memenuhi kebutuhan organ. Tubuh akan mulai menyerap kalsium DARI TULANG kita sendiri. Setiap tahun, tulang akan kehilangan konsentrasinya sekitar 1% dan terus bertambah rapuh karena kalsium nya dihisap oleh organ tubuh sendiri dan menyebabkan osteoporosis. Selain osteoporosis, kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, mencapai sekitar 200 jenis. Mulai dari jantung, batu ginjal, Nyeri otot tulang, Kekebalan tubuh berkurang, dan pikun. Bahkan bau mulut yang sepintas terlihat tak ada hubungannya pun sebenarnya salah satu penyebabnya adalah kekurangan kalsium.
1. Kekurangan kalsium menyebabkan pencernaan tidak maksimal, lambung kotor, mulut bau.
2. Kurang vitamin, gigi lemah, keropos, lubang, kotor, busuk / ada makanan busuk, bau.
 

Dan sedihnya, dari 1000mg/hari, rata rata manusia hanya memenuhi sekitar 250–400 mg/hari nya. Ini disebabkan tidak semua kalsium bisa diserap oleh tubuh kita. Sebagian bisa diserap, sebagian dibuang melalui urin, dan sebagian akan mengalami pengapuran dalam tubuh dan terkadang menyebabkan batu ginjal. Bahkan di America yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi susu dan keju, masih banyak sekali yang menderita osteoporosis, apalagi orang Indonesia yang selain kurang hobi susu, malah hobi merokok dan kopi.
 

Itulah kenapa tubuh kita membutuhkan suplemen kalsium dengan daya serap yang sangat tinggi agar tidak berbahaya bagi tubuh karena terjadi pengapuran. Terutama pada wanita yang kekurangan cukup banyak kalsium saat mengalami menstruasi atau menyusui.

No comments:

Post a Comment