Friday 1 November 2013

Kuliner : Jalangkote Lasinrang

Jalangkote Lasinrang 
 
Seneng sekali rasanya bisa mengunjungi kembali Makassar yang dikenal sebagai Kota Angin Mamiri. Terlalu banyak kuliner yang menggiurkan di kota ini, sampai-sampai bingung mau makan yang mana. Dari judul mungkin sudah ada beberapa orang yang rada bingung :) Klo di Pulau Jawa terkenalnya dengan sebutan Pastel tapi klo di Makassar dikenal dengan nama Jalangkote. Bentuknya sama persis kok antara keduanya.

Mulai dari cemilannya dulu yang sudah sangat khas, setidaknya khas menurut saya yang lahir dan besar di pulau ini. Meskipun di Pulau Jawa juga ada sih sebenarnya tapi rasanya beda karena tetap enak yang di Makassar :)

Jalangkote ini cocok banget sebagai oleh oleh buat keluarga di rumah ataupun kerabat. Jika mau dibawa untuk oleh-oleh, nanti Jalangkotenya digoreng setengah matang dulu dan digoreng lagi ketika mau dimakan.

Sebenarnya penjual Jalangkote di Makassar cukup banyak juga, akan tetapi salah satu yang terkenal Jalangkote Lasinrang yang berada di Jalan Lasinrang no. 11 A, Makassar. Tapi yang saya kunjungi kali ini adalah salah satu cabangnya yang ada di Jalan Pengayoman no. 8 C. 

Tempatnya gak terlalu besar, dengan dapur untuk menggoreng serta display nya berada di bagian paling depan. Disediakan juga tempat untuk makan di tempat juga tapi kebanyakan lebih memilih untuk dibawa. 
 
Uniknya disini juga bisa sambil ngeliatin cara buatnya, mulai dari pengisian sampai dengan membentuk pinggirannya, dulu juga sempat bisa sih.. Hehe..
Tetep ada perbedaan kok antara Jalangkote dan juga Pastel, yakni isinya yang berbeda, isinya ada mie putih, wortel, toge, kentang, telur dan daging cincang. Ukurannya juga gak tanggung-tanggung, cukup besar. Harganya cukup mahal juga sih 6ribu per satu Jalangkote. Satu lagi yang menambah rasa yakni sambel cair nya yang khas, pedes dan juga seger. 
 
 
Kudu nyobain Jalangkote deh klo yang lagi ke Makassar, dijamin nagih dan pengen nambah lagi. Selain Jalangkote juga ada jajanan lumpia di sini.

 

No comments:

Post a Comment