Tuesday 29 January 2013

Jalan-Jalan : Pantai Ide

Pantai Ide

Sebenarnya jalan-jalan ke Pantai Ide ini terakir saya lakuin pada Bulan Maret Tahun 2008, sudah cukup lama memang tapi gak lengkap rasanya klo gak review tanah kelahiran saya sendiri yakni Soroako, Sulawesi Selatan. Sekarang ejaan Soroako telah diperbaharui dengan Sorowako. Saya juga akan membahas sudut pandang Danau Matano ini dari pantai lain di postingan berikutnya.
 
 

Pantai Ide atau yang lebih dikenal dengan Danau D ini tepatnya berada di Danau Matano. Ayah saya turut sumbang saran dan pencetus untuk penamaan Pantai ini dengan sebutan Pantai Ide karena beliau berharap banyak Ide yang dapat dicetuskan dari pantai ini. Jangan salah yah klo Danau Matano ini adalah danau ke delapan terdalam di dunia dengan kedalaman 590 meter. Meski sangat dalam sampai dengan dasarnya tidak terlihat tapi tidak ada sedikit pun ketakutan maupun keraguan dalam diri saya untuk berenang di danau ini.
 
 

Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 meter (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia.
 
 
Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya sangat jernih.

Sebagai sumber daya alam yang sangat potensial maka perusahaan tambang nikel terbesar kedua dunia, PT. INCO dan sekarang berubah nama menjadi PT. VALE, memanfaatkan buangan air dari Danau Matano sebagai pembangkit listrik tenaga air.
 
 
Saya Ade Kamaludin sangat bangga lahir di Soroako dan tidak akan pernah lupa dengan segala keramahan dari tanah kelahiran saya ini. Terlalu banyak kenangan dari Soroako untuk hidup saya sampai dengan sekarang.

Saya ingin kembali bermain dan berenang di Danau Matano.. 

5 comments: