Friday 1 November 2013

Kuliner : Tekwan Khas Idul Adha

Tekwan Khas Idul Adha
Sebelumnya pernah posting untuk masakan khas di Idul Fitri pasti Coto Makassar untuk di rumah, akan tetapi klo untuk Idul Adha atau Hari Raya Kurban, Mamah sering kali bikin salah satu makanan khas Palembang yakni Tekwan. Jadi nya menu wajib tiap Idul Adha adalah Tekwan, beda dengan kebanyakan keluarga lainnya yang masak opor ayam atau sambel goreng kentang ataupun gulai ketika Idul Adha.

H-7 Idul Adha tuh Mamah udah sibuk nyamperin tukang sayur untuk mesen ikan tenggiri yang biasa digunakan untuk bikin Tekwan.

Sepulang dari Solat Idul Adha di ITB, nyampe rumah makan sop buah dulu, ngikutin gaya hidup sehat padahal Tekwan nya masih dipanasin dan belum siap sih.. Hehe..
 
Klo biasanya lebaran identik dengan Ketupat, untuk nemenin Tekwan cocok dengan Burasa atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Lontong. Burasa merupakan salah satu panganan Khas Makassar, menggunakan santan juga dikit jadi gurih klo sekedar dicamil juga. Penampakan burasa nya gak lupa di foto juga kok..
 

Tekwan berbeda dengan sup yang lain nya, karena ini terbuat dari udang serta ikan tenggiri yang dibulatkan seperti bakso, tapi kali ini Mamah nyampurin dengan daging ayam, tetep enak banget deh.. Salut buat ide kreatif Mamah.
 
Cara menghidangkan Tekwan sederhana banget kok.. Pertama-tama yang jelas kudu ambil mangkok hehe.. Lanjut dengan masukan kuah lalu plus Baso Tekwannya, kemudian taburi bawang goreng dan sambelnya. Biar lebih segar dan gak eneg bisa pake jeruk nipis juga.
 
 

Gak lengkap rasanya klo makan Tekwan gak pake kacang untuk krenyes-krenyesnya.
 Penampakan sebelum dituangkan dengan kuah dan baso Tekwannya nih..
 

Klo setelah dicampur semuanya dijamin bikin ngiler 7 turunan deh.. Hihi.. Untuk penambah rasa bisa ditambahin kecap juga.
 
Gak sabar ingin berjumpa Idul Adha lainnya agar bisa menikmati Tekwan Khas Idul Adha di rumah.

No comments:

Post a Comment