Thursday 12 December 2013

Kuliner : Palbas Serigala


Palbas Serigala
Sebelum ke Kota Angin Mamiri Makassar sudah sempet browsing juga untuk kuliner yang terkenal dan wajib dikunjungi. Salah satu kuliner nya adalah Palbas Serigala, sempet kaget juga pas pertama kali baca kata "Serigala", udah kebayang di kepala yang ada pake daging serigala haha..
 
Ternyata asal muasal kata serigala karena lokasi tempat makan ini ada di Jalan Serigala. Pagi itu suasana Palbas Serigala belum terlalu rame karena datengnya kepagian dan belum buka hehe.. Denger dari teman klo makan disini dulu ngantrinya gila2an sampai ada yang berdiri di belakang kita untuk nunggu giliran makan. Tenda makan yang dulu digunakan sampai sekarang juga masih ada di pinggir jalan.
 
Tempat yang baru sekarang relatif lebih besar, tepat berada di depan tenda makan lokasinya. Dengan bangunan yang permanen menyerupai Ruko, makan di Palbas Serigala jadi lebih nyaman dan juga gak se-ekstrem dulu ngantrinya.
 
 
Ketika Palbas Serigala mulai buka, pengunjungnya perlahan-lahan mulai berdatangan dan langsung penuh aja.
Pallubasa (atau sering juga ditulis pallu basa) merupakan makanan khas Makassar. Sekilas mirip dengan coto makassar sih, karena hidangannya berkuah dan berisi daging. Bedanya, kalau coto dimakan dengan buras atau ketupat, maka pallubasa dimakan dengan nasi. Selain itu, bumbu pada kuahnya yang kental juga lebih terasa gurih. Hidangan Pallubasa-nya sendiri bisa dipilih. Ada yang berisi daging saja atau “paket lengkap” yang disajikan dengan jeroan dan kuning telur.
 
 
Yang dipesen pagi itu Palbas berisi daging saja seharga 12 ribu per porsinya, untuk Nasi Besar seharga 6 ribu. Klo mau nambah nasi biasanya udah disediain sepiring Nasi Kecil seharga 3 ribu. Seporsi nasi dengan palubasa kurang lebih 18 ribu.
 
Beberapa pelengkap Palbas ini ada sambel yang pedes banget dan ada juga jeruk nipis yang dapat mengurangi rasa eneg dari Palbas.
 

Hal lain yang cukup unik disini makannya gak pake kerupuk, tapi ditawarkan Kacang Mente Goreng.

Sensasi Palbas Serigala emang OK punya deh.. Mengenyangkan sih kata yang tepat selain lezat.

No comments:

Post a Comment