Friday, 13 December 2013

Kuliner : Martabak HAR

Martabak HAR
Udah sering banget ngeliat yang namanya Martabak HAR di TV, akhirnya ketika ada kerjaan ke Palembang berkesempatan untuk nyobain langsung salah satu kuliner di Palembang yang terkenal ini.

Kebetulan banget waktu itu tinggal di Hotel Jayakarta di Jalan Sudirman, persis di seberangnya Martabak HAR :) Lokasi tepatnya ada di Jalan Jenderal Sudirman No. 2269.
Ternyata HAR itu adalah singkatan nama dari pemilik tokoh martabak waralaba tersebut yakni Haji Abdul Rozak.  Haji Abdul Rozak adalah saudagar Palembang keturunan India yang menikah dengan perempuan Palembang.
Suasana tempat makan itu tidak terlalu ramai juga, mungkin karena belum waktunya makan siang. Klo yang dateng untuk nongkrong cocok banget tuh duduk di lesehan. Yang mau duduk di kursi dan makan di meja juga tersedia.
 
Kediaman Haji Abdul Rozak masih dapat anda lihat persis di sebelah Hotel Jayakarta Daira tepatnya dipinggir jalan Jendral Sudirman. 
 
Di tempat makan ini bukan hanya Martabak HAR saja yang dijual tapi ada beberapa menu lainnya juga seperti Nasi Briani, Ikan Patin, dan masih banyak yang lainnya juga.
 
Tanpa berlama-lama langsung mesen Martabak Ala HAR seharga 25 ribu, cukup mahal juga menurut saya tapi ternyata ketika datang ke meja, porsinya emang cukup banyak, bisa cukup untuk 2 orang kali yah..
 
 
Dilihat sekilas Martabak HAR tampak tidak berbeda dengan martabak dari India apalagi martabak HAR memakai kuah kari yang merupakan kuah khas yang berasal dari India. Kuah kari martabak HAR dapat dikatakan suatu modifikasi dari kuah kari asli Indi. Terasa cukup eneg di lidah, mungkin karena belum terbiasa juga. 
 
 
Dapat info juga klo di Palembang ada minuman yang khas.Gak pake mikir lagi langsung mesen Es Kacang Merah seharga 14.5 ribu. Unik juga pas nyobain karena kebiasaan di Jawa klo Kacang Merah dimasak sebagai sayur kacang merah, sementara di Palembang dimakan dengan es hehe.. Sensasinya emang berbeda dan tetep nikmat kok..
 
 
Pilihan menu minuman yang lainnya juga cukup banyak.
 
Gak penasaran lagi dengan yang namanya Martabak Har tapi makin penasaran dengan panganan lain Khas Palembang :)

No comments:

Post a Comment