Wednesday 12 December 2012

Kuliner : Sate Ayam Ponorogo H. Tukri

Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun

Entah mimpi apa sebelumnya hingga saya berkesempatan untuk mengunjungi Kota Ponorogo dalam rangka kerjaan kantor. Kota Ponorogo ini gak gede-gede amat tapi yang dapat saya gambarkan dari kota ini yakni, "Tampak jelas kesederhanaan dari kota ini.. Ponorogo".
Kebetulan ketika ke Ponorogo pas lagi bulan puasa Ramadhan, terik matahari di siang hari di Ponorogo cukup nyengat banget. 
Foto SBY dan ibu (maaf kurang jelas)
Setelah aktivitas kerjaan di siang hari, akhirnya tiba juga waktu yang paling ditunggu-tunggum waktunya berbuka puasa. Oleh rekan kerja diajakin makan untuk berbuka puasa di Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun Jl. Lawu Ponorogo Jawa Timur. 

Untuk menuju tempat makan ini gak susah dan gak macet (mungkin karena kota kecil yah..) Dapat info dari rekan kerja yang di Ponorogo klo tempat makan ini sangat terkenal, sampe-sampe kepala negara RI Pak SBY dan istri pernah makan di tempat ini. Selidik punya selidik ternyata Pak SBY sudah makan di tempat ini dari jaman dulu ketika masih belum jadi presiden, pas masih jadi tentara. Ketika mampir di Ponorogo selalu nyempatin mampir untuk makan sate. Tempat makannya relatif tidak terlalu besar tapi bersih.
Suasana tempat makan Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sorbikun
Lumayan rada lama nunggu pesenan sate nya datang, mungkin karena bertepatan dengan jadwal berbuka puasa. Rasa penasaran ma sate ayam Ponorogo yang pernah dimakan SBY ini makin menjadi-jadi aja.
Penampakan Sate Ayam, Lontong, ma bumbu nya
Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga hehe.. Daging ayamnya sendiri sangat empuk dan bumbunya meresap. Sate Ponorogo berbeda daripada Sate Madura yang populer. Perbedaannya adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate daging ayam dapat disajikan bersama dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda. Perbedaan berikutnya adalah sate Ponorogo melalui proses perendaman bumbu (di"bacem") agar bumbu meresap ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur.
Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit. Alat pemanggang sate Ponorogo terbuat dari tungku (panggangan) yang terbuat dari tanah liat. Panggangan ini memiliki lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang didalamnya. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan Bumbu Spesial. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus.
Rate untuk makanan ini : Maknyussss.... :)) Kudu nyobain deh mampir langsung ke Ponorogo. Harganya pun relatif terjangkau dengan kisaran harga 20ribu/porsi pada bulan Ramadhan 2012. Porsinya mengenyangkan tapi tetep pengen nambah lagi sih.. Haha..
Ponorogo.. Suatu saat saya akan kembali lagi.. 
 

1 comment: