Wednesday 3 April 2013

Kuliner : Wale

Wale
Nama di atas mungkin udah gak asing di telinga para pecinta kuliner, kususnya kuliner mie baso. Sebenarnya lokasi Wale sendiri gak jauh-jauh banget dari rumah, paling klo jalan kaki sekitar 10 menitan, udah berkali-kali juga datang kesini tapi baru sempet sekarang nulis di blog :)

Lokasi Wale sendiri tepatnya ada di Jalan Kupa no. 6 Rancakendal Bandung. Jalan utama ke tempat makan ini bisa dari Tubagus Ismail maupun dari Dago Golf dan Dago Resort. Pada awalnya di daerah ini hanya ada Wale aja yang menjual makanan, tapi sekarang udah menjamur tempat makan di sekitarnya, sebut aja Roemah Kopi, Lantera, Rumah Payung dll.

Awal mulanya Wale ini dikenal dengan sebutan Mpo Lela, sekarang jadi Wale, mungkin dengan kata dasar Uwa ato sebutan kakak perempuan ibu atau ayah dalam Bahasa Sunda. Wale dulu masih kecil, hanya buka di bagian rumahnya saja di bawah, sekarang udah makin luas ke bagian atasnya dengan parkiran yang cukup luas.
Baru masuk ke Wale udah disambut dengan dua kursi dari kayu yang cukup besar, banyak juga yang foto-foto di pintu masuk ke bagian bawahnya. Gak lupa juga langsung ketemu dengan dapurnya yang meracik mie baso dan kawan-kawannya.

Jika makan di bagian bawah sama dengan makan di rumah yang empunya Wale ini, jadi bisa langsung keliatan kamar tidurnya maupun ruang santai keluarganya, jadi suasananya juga rumahan banget yang ditawarkan dengan suasana kayu yang sangat kental. Klo makan di bagian bawah bisa langsung liat pemandangan, meski sekarang pemandangannya jadi ngeliat Dago Resort hehe..
Siang itu di Wale lagi cukup penuh banget, dari lapangan parkirnya aja udah keliatan mobil dan motor yang parkir udah banyak. Beruntung dapat tempat untuk makan di bagian bawah. Saya juga gak datang sendirian tapi dateng ma teman lama, Marhasim dan keluarga. Teman dari Soroako dulu yang udah cukup berubah mukanya menurut saya hihi.. Gak lupa ngucapin makasih nih udah ditraktir chim :) Jangan bosen-bosen yah..
 

Menu andalan di Wale tentu saja mie baso dengan variannya, mulai dari Mie Baso Kuah, Yamin Manis Baso, Mie Ayam Jamur, dan juga udah ada varian nasi sekarang meski gak banyak seperti Nasi Lidah Sapi. Harga makanan di sini relatif terjangkau.
 
Varian menu untuk minuman juga macem-macem, mulai dari macem-macem jus dan juga aneka minuman hangat. Untuk makanan penutup juga mesen Strawberry mouse, cheese cake dan teman-temannya.
 
Saya sendiri gak terlampau lapar tapi tetep gak pengen ngelewatin kesempatan ditraktir haha.. Jadi saya mesen Yamin Manis Baso Kuah dipisah seharga 16 ribu. Mie nya selain enak juga banyak, kenyang yang ada juga.
 
 
Sambil nunggu pesenan yang lain datang saya nyamil kerupuk ma pangsit goreng aja dulu :)
 Istri temen mesen Yamin Asin Spesial seharga 19 ribu. Untuk yang spesial ini selain dapat baso di kuahnya juga dapat baso tahu gitu.
 
 

Temen yang udah laper berat mesen Sop Buntut + Nasi seharga 35 ribu, temen pengen ngebandingin ma sop buntut lainnya yang pernah dia makan di tempat lain.
 
Di samping semua menu di atas, kita juga mesen Nasi Lidah seharga 35 ribu, yang rada kocaknya si lidah sapi disajikan dengan potongan menyerupai lidah sapi nya hihi.. Empuk banget deh dagingnya.
 
 Minumnya temen mesen Es Kelapa Muda seharga 10 ribu, sementara saya mesen Es Jeruk Nipis seharga 8 ribu. Segarrr banget rasanya deh di siang yang cukup panas itu.
 
 Yang bawa anak-anak jangan kawatir karena disini juga dijajakan maenan anak kecil dan juga beberapa jajanan ringan untuk oleh-oleh khas Bandung.
 
Dijamin pada ngiler kayanya yang baca postingan ini.. Buruan deh makan di Wale untuk ngerasain suasana dan juga makanannya, dijamin pengen nambah dan kesana lagi deh..
 




No comments:

Post a Comment