Friday, 23 January 2015

Kuliner : Rumah Makan Aroma Makassar

RM. Aroma Makassar
Hmm... Dari kata-kata di atas udah jelas klo tempat makan kali ini pasti nyajiin makanan dari Makassar Sulawesi Selatan, tapi jangan salah loh.. Lokasi tempat makan ini ada di Kota Pelajar, Yogyakarta. Tepatnya ada di Jalan Pandega Duta 3 no. 20B (klo masih belum nemu juga, patokannya Depan Happy Puppy Ring Road Utara).
Suasana malam itu di Yogyakarta lagi hujan gerimis, otomatis udara dingin ngebuat jadi semakin nafsu makan (padahal emang lagi laper aja sih sebenarnya hehe..) Sekilas dari luar emang rada gelap dan malam itu tempat gak terlalu rame juga, tempat parkir di sini cukup luas juga.
Desain bangunan rumah makan ini sekilas seperti Rumah Joglo, tanpa ada dinding jadi angin hilir mudik yang ada dan gak panas berada di dalam nya.
 
Menu makanan yang ditawarkan cukup beragam, terutama untuk beberapa varian ikan. 
Yang dipesen sama istri sih jagoannya di Aroma Makassar yakni Bolu Bakar + Urap Pakis + Sup + Nasi + Sambal Olo-Olo, harganya juga relatif terjangkau di 35 ribu (gosipnya akan segera naik sih.. Jadi buruan beli sekarang2 deh mendingan haha..) Rasanya emang enak banget, ikannya masih seger, urap pakis nya juga OK plus Sambel Olo-Olo yang pedesss dan juga segerrr.
 
 
Yang juga khas dari Aroma Makassar yaitu Menu Makanan Kapurung + Ikan Rebus yang harganya 26 ribu. Terus terang aja pas di Sulawesi dulu suka banget sama makanan yang satu ini, udah berapa belas tahun gak makan nih Kapurung atau biasa juga disebut dengan Papeda, pas nyobain di sini, terbayar sudah kekangenan ma Kapurung selama ini. 
 
 
Dikupas tuntas deh Kapurung itu apa dan bagaimana di sini (kebetulan malam itu langsung pemilik rumah makan yanag ngelayanin dan bikinin Kapurung nya hihi..) Rasa kuahnya segerrr banget, asem asem nagih deh.. Ditambah dengan irisan cabe rawit yang membuat kuah nya juga jadi pedas. Dan yang gak kalah yaitu ikannya, maknyusss...

Kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Papeda. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Tepung sagu dilarutkan dulu dengan air dan kemudian dengan air panas sehingga akan mengental, yang unik nya ketika memilin Tepung Sagu yang sudha kental menjadi lebih kecil, sekilas sih jadi mirip "Ingus" (maaf : red) hehe..
 
 
Sementara untuk minumannya cukup banyak juga yanga ditawarkan dengan harga yang juga terjangkau. Malam itu saya sih langsung mesen Es Pisang Ijo seharga 12 ribu, rasa nya jangan tanya deh.. Pembungkus pisang ijo nya lembut banget, pisangnya juga pas empuknya, dan yang gak kalah kuah nya itu pas manisnya. Jadi kangen ma sirup merah pisang ambon hehe..
 
 
Gak rasa malam makin larut di Aroma Makassar, gak lupa juga foto2 sama pemiliknya yang nota bene temen masa kecil di Soroako dulu, sukses selalu untuk Aniel dan Rumah Makan Aroma Makassarnya.
 

2 comments:

  1. Kok kapurungnya ga ada sayur nya?

    ReplyDelete
  2. Sy sdh pernah makan "kapurung" dsni tp menurut sy itu bukan kapurung, papeda mungkin iya... jd klo bs tulisan kapurung itu d ganti aja jd papeda biar ga ngecewain org yg memang mau cari kapurung... atau yg punya cari tau / belajar lagi kapurung itu kyk mn

    ReplyDelete