Monday 8 December 2014

Kuliner : Warung Bu Kris

Warung Bu Kris

Mungkin ini kali keberapa mendarat di Kota Pahlawan Surabaya, akan tetapi perjalanan kali ini terasa sedikit berbeda, mungkin karena waktu itu harus pulang pergi dalam sehari ke kota tersebut dan juga pastinya bisa nyicipin salah satu kulliner khas di kota ini :) Cuaca di Surabaya siang itu lagi panas2nya, beruntung di Warung Bu Kris di Jalan Raya Trenggilis Utara No. 1 ini ada ruangan ber-AC nya, setidak nya sedikit menyejukkan di tengah ramainya pengunjung siang itu.
 
 

Namanya Warung Bu Kris. Warung ini menjual aneka menu yang dalam penyajiannya dipenyet, namun yang paling terkenal dan paling digemari dari warung ini, ada ayam penyet dan juga iga penyet.
 
Ayam penyet maupun iga penyet di Bu Kris disajikan di atas cobek yang terbuat dari tanah liat, dengan lumuran sambal yang berlimpah. Sambalnya bisa kita pesan sesuai selera, ada yang tidak pedas, sedang dan super pedas. 
 
Untuk yang super pedas, terbuat dari cabe rawit, tanpa campuran cabe merah besar. Bagi yang suka pedas, bisa mencoba sambal yang super pedas dan saat memakannya bisa sampai bercucuran keringat karena kepedasan. Ayamnya memang cukup nikmat, namun sambal inilah yang membuat para pelanggannya kangen & sering menyinggahi warung ini. Saya sendiri mesen yang sedeng aja pedesnya karena kawatir langsung berontak nih perut. Seporsi Ayam + Bakwan Penyet harganya 26ribu.
 
Selain ayam penyet, warung ini juga menyediakan empal, bebek, lele, udang, telur, gurami, bakso goreng, tahu dan tempe yang semuanya diolah/ disajikan dengan cara dipenyet. Sayur asem, pecel, urap, gado-gado dan rawon juga tersedia di warung Bu Kris. Sedangkan untuk minumannya, ada es dawet, es cincau, es campur, es lemon tea, es kacang hijau dan masih banyak yang lainnya. Yang saya pesan siang itu Es Rumput Laut seharga 14ribu untuk yang ukuran jumbo, seger banget rasanya deh..
 
Lain kali klo ke Surabaya kayanya kudu mampir lagi ke Warung Bu Kris nih :)

No comments:

Post a Comment