Monday 8 December 2014

Kuliner : Pempek Candy

Pempek Candy

Rasanya gak ada yang asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Pempek kuliner khas Palembang yakni Pempek. Hampir tiap sudut kota ini menjual Pempek, merk nya juga macem2, salah satu yang cukup terkenal yaitu Pempek Candy di salah satu cabangnya di Jalan A. Yani. Baru masuk toko sudah disambut dengan aneka jajanan khas Palembang lainnya yang bisa dijadikan oleh2.
 
 

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas.

Jenis pempek yang terkenal adalah “pempek kapal selam”, Pempek ini juga yang saya pesan siang itu dengan harga seporsinya seharga 12.5 ribu, Pempek Kapal Selam yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.
 
 

Bukan hanya Pempek Kapal Selam saja yang ditawarkan disini, ada juga Model, Lenggang, Otak-otak, Pempek Keriting, Adaan dan lainnya yang kesemuanya tetap enak banget hehe..

 

Gak lupa setelah makan langsung beli juga untuk oleh2 keluarga :) Mabok Pempek yang ada selama di Palembang.

 

No comments:

Post a Comment