Monday 25 March 2013

Kuliner : Gudeg Kendil Plengkung Pathuk

Gudeg Kendil Plengkung Pathuk
Kali ini lanjut kuliner di Kota Yogyakarta, rasanya belum lengkap klo ke kota ini tapi belum makan gudeg, secara Kota Yogya terkenal sebagai kota gudeg sebagai makanan khasnya.

Siang itu cukup panas terik matahari, setelah lelah keliling Keraton Yogyakarta, pas pula jam makan siang, saya memutuskan untuk makan gudeg. Banyak banget yang jualan gudeg di kota ini, biar gak bingung akhirnya saya minta tolong diarahin ma tukang becaknya, sekalian aja saya ajak makan bareng tukang becaknya biar ada temen makan siang kala itu.
 

Tukang becak nyaranin makan gudeg di daerah yang gak jauh-jauh dari Jalan Malioboro, yakni di Jalan Gudeg Kendil Plengkung Pathuk di Jalan KS. Tubun / Pathuk no. 34 Yogyakarta.

Tempatnya gak gede-gede amat tapi sangat nyaman dan asri, setidaknya menghilangkan penat dari panas matahari. Di tempat makan ini kental banget dengan suasana bambunya, mulai dari kursi sampai dengan ornamen interior lainnya.
Menu yang dipilih jelas aja Gudeg, yang saya pesen siang itu Nasi Gudeg Sambal Goreng Krecek Tahu seharga 18 ribu. Sementara tukang becak mesen Nasi Gudeg Sambal Goreng Krecek Telur seharga 20 ribu. Porsinya nampak dikit tapi pas dimakan kok kaya gak abis-abis hihi.. Rasa khas gudeg yang manis plus tempe yang sangat renyah menambah selera makan. Pokoknya dijamin enak deh..
 

Untuk minumnya, karena lagi rada batuk jadi mesen Jeruk Nipis Panas seharga 6 ribu.
Unik juga makan di sini pake piring yang terbuat dari tanah liat, semakin menambah khasnya gudeg.
Klo yang mau bawa oleh-oleh gudeg juga bisa, klo plus kendilnya seharga 70 ribu.

No comments:

Post a Comment