Monday 26 May 2014

Kuliner : Srabi Notosuman

Srabi Notosuman
Ini kali kedua saya ke Kota Solo, di kunjungan pertama kala itu belum sempet mampir salah satu kuliner khas kota ini. Sementara orang lain bilang belum lengkap jika berkunjung ke Solo sebelum makan srabi ini.
 
Sebenarnya pertama kali nyobain Srabi ini pas kuliah dulu, dibawain sama temen yang kebetulan asli sana. Rasa nya lumayan enak waktu itu tapi udah gak terlalu seger lagi karena baru keluar dari lemari pendingin.

Di daerah Notosuman ini kita bisa menemukan beberapa penjual srabi, konon mereka berasal dari satu keturunan yang sama, yaitu Hoo Gek Hok, yang merintis usaha ini sejak 1923. Salah satu yang terkenal di daerah Notosuman adalah srabi Ny. Handayani.
Srabi sebenarnya adalah semacam pancake yang adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Teksturnya kenyal namun tetap lembut, dan rasanya sangat legit. Berbeda dengan kue srabi atau surabi di daerah lain, srabi khas Solo atau srabi Notosuman dihidangkan tanpa kuah manis.

Kali ini seneng banget bisa berkesempatan langsung nyobain Srabi Notosuman langsung di tempat nya. Masih panas-panas dari dapur nya hehe.. Karena saking penasarannya, akhirnya mesen srabi yang biasa satu, dan yang srabi coklat satu :) Klo menurut saya sih.. Rasa nya masih terlalu manis, masakan daerah Jawa kali yah.
Srabi Coklat
Srabi Biasa
Harga nya pun sangat bersahabat di kantong, cukup ngerogoh kantong 2 ribu udah dapat srabi yang biasa, untuk srabi coklat nya 2 ribu 2 ratus aja, nambah dua ratus rupiah doang :) Rata-rata pengunjung membeli untuk dibawa pulang dalam bentuk dus.
Klo untuk pengunjung yang coba-coba doang kaya saya juga bisa makan langsung di tempat dan dapat memilih camilan untuk oleh-oleh.
 

No comments:

Post a Comment