Wednesday 16 January 2013

Kuliner : RM. Sari Rasa Kudus

RM. Sari Rasa Kudus
Lagi-lagi ketika jalan-jalan menyusuri Jawa Tengah gak lengkap rasanya klo gak menikmati jajanan ataupun makanan khas daerah setempat. Kebetulan waktu itu melintas di daerah Kudus pas lagi jam makan siang. Istri langsung nyaranin makan Garang Asem. Klo istri lagi dinas ke Kudus pasti disajikan Garang Asem dari tempat makan ini karena emang gak terlalu jauh dari kantornya PLN Kudus hihi..

Klo denger kata Kudus yang terngiang di telinga kita adalah rokok kretek karena berbagai merk rokok berasal dari Kudus.

Pas di Bandung dulu pernah juga nyobain Garang Asem ayam tapi rasanya aneh menurut saya. Tapi penasaran juga nyobain langsung di daerah asalnya yakni di Kudus.
Suasana rumah makan siang itu ramai banget jadi lumayan panas udaranya meski udah ada kipas angin yang membantu.
Rumah Makan Sari Rasa yang berada di Jl. Agil Kusumadja 20, Jati Kulon. Tempat makan ini mulai buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 8 malam, namun penjualan Garang Asem berkisar antara jam 11an sampai dengan sore jam 3 sore. Garang asem identik dengan daun pisang dan belimbing wuluh (belimbing sayur). Karena ada tomat dan belimbing wuluhnya, makanya rasanya menjadi asem. Untuk garangnya sendiri bisa diartikan pedas, karena banyak potongan cabe di dalamnya. Rasanya jadi nano-nano antara asem, pedes dan seger. 
 
 
Sempet mesen ceker juga waktu itu karena ngerasa masih kurang dengan garang asemnya hihi.. Untuk porsi nasinya lumayan sedikit jadi yang ada nambah seporsi :)
 
Selain garang asem ada juga beberapa menu lain yang ditawarkan seperti, opor ayam, nasi rames, ayam goreng.  Kalau memburu garang asem di Rumah Makan Sari Rasa sebaiknya antara jam 11 sampai dengan jam 3 sore, karena dibawah jam sebelasan terkadang belum matang, pas dateng kesana juga udah kehabisan garang asem ayam, akhirnya mesen garang asem jeroan (yang dipake jeroan ayam kok.. Ati ampelanya aja)
Yang mampir ke Kudus kudu makan di RM. Sari Rasa Kudus ini dan nyobain Garang Asem.. Nyummy...
 

No comments:

Post a Comment