Monday 16 December 2013

Kuliner : Pempek Beringin

Pempek Beringin
Rasanya belum ke Kota Palembang klo belum makan Pempek :) Kuliner khas Kota Palembang ini wajib dikunjungi. Ada beberapa Pempek yang cukup terkenal di Palembang, salah satu nya Pempek Beringin ini.

Pempek sendiri merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek palembang dipadukan dengan saus berwarna hitam kecoklatan yang disebut cuka (cuko dalam bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. 
Menurut sejarahnya, konon pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau China ke Palembang, sekitar abad ke-16. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan apek, sebutan untuk lelaki tua keturunan China.

Pempek Beringin memulai bisnis di Jalan Dempo Luar dan sekarang sudah memiliki cabang di Jalan Radial. Yang saya datangi lokasi nya di salah satu cabangnya yang kebetulan gak jauh dari Hotel tempat nginep waktu itu, cukup jalan kaki gak nyampe 3 menit juga udah nyampe lagi, tepatnya di Jalan Kapten Anwar Sastro No. 1128.

Inget banget waktu ke Pempek Beringin pas jam makan malam lebih dikit dan rada gerimis, bikin nafsu makan bertambah pastinya hehe..

Suasana di tempat makan relatif gak terlalu ramai saat itu. Interior di dalam nya hadir dengan nuansa semi modern.
Selain bisa makan di tempat, Pempek Beringin juga nawarin paket penjualan pempek dengan berbagai macam paket dan juga aneka pangan ringan dijual disini sebagai oleh-oleh.
 
Sebenarnya udah rada eneg makan pempek mulu karena udah nyobain pempek di tempat lain sebelumnya. Tapi tetap maksain kudu nyobain deh :)

Jenis Pempek yang ditawarkan disini kurang lebih sama dengan di tampat lainnya. Ada telor kecil, adaan, lenjer kecil, kriting, tahu, kulit, kapal selam. Yang cukup unik disini juga ada Pempek Bakar, sensasi rasa nya berbeda dengan pempek biasa. Harganya sendiri 3.5 ribu untuk satuannya.
Sebelum ke makanan utama sempet ngemil Otak-Otak dulu. Rasanya enak banget nyummyyy...
Di Palembang juga ada menu khas lain yakni Tekwan. Biasanya makan Tekwan itu klo pas Idul Adha aja di Bandung, itu juga mamah yang masak, jadi belum pernah nyobain Tekwan yang aslinya. Akhirnya untukk ngalahin rasa penasaran mesen Tekwan seporsi seharga 17.5 ribu. Tekwan disajikan masih dalam keadaan panas, taburan bawang goreng di atas nya, dan juga mie bihun. Rasa nya kurang lebih hampir sama sih dengan yang dibuat di rumah. Di sini rasa ikannya lebih berasa, mantep deh..
 
Minumnya sendiri mesen yang rada aneh di sana yakni Juice Naga Merah seharga 30 ribu, cukup mahal juga tapi emang banyakan buah naga nya kayanya karena kental banget dan juga terlalu manis menurut saya.

 
Gak ada salah nya mampir ke Pempek Beringin klo lagi berkunjung ke Kota Palembang.

1 comment:

  1. Blog walking here. Come and do support my blog. Thank you :) http://lovefoodaholics.blogspot.com/

    ReplyDelete