Friday 5 April 2013

Kuliner : Emping

Emping Mabbruk
Emping merupakan salah satu jenis kudapan/camilan atau lebih sering dikenal dengan sebutan kerupuk. Saya sendiri klo makan nasi gak pake kerupuk rasanya gak lengkap aja hehe.. Makan kerupuk gak pake nasi juga gak papa sih, itung-itung camilan.
 
Emping adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dengan cara menghancurkan bahan baku (biasanya terbuat dari biji melinjo) hingga halus kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari.

Pembuatan emping melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari batu. Makanan ini banyak dihasilkan oledih pengusaha kecil, biasanya emping melinjo diproduksi oleh industri daerah misalnya di Kabupaten Klaten Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Magetan dan di Kabupaten Bantul. Emping sebagian diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Serikat.


Kali ini pengen ngenalin emping dari teman, namanya EMPING MABBRUK, asal nih emping dari Kota Kebumen yang dibuat dari melinjo asli, tidak ada bahan campuran lainnya seperti tepung dan lain lain. Emping yang satu ini saya sendir udah nyobain, emang enak banget deh.. Beda ma emping yang biasa beli dari Banten.

Emping Mabbruk sendiri dijual dalam keadaan mentah, biasanya disebut dengan istilah emping kering mati, jadi klo udah beli sisa goreng aja gak perlu dijemur lagi.

Uniknya lagi untuk emping ini bisa mesen dengan variasi diameter emping maupun ketebalan empingnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk harga sih relatif per kilonya untuk saat ini 30-40ribu karena ternyata harga emping juga tergantung dengan musim panen.

Sebelum digoreng kaya gini penampakannya.
 

Jangan salah loh.. Emping Mabbruk ini juga yang dipake sama beberapa restoran terkenal di Bandung.

Emping juga disertakan dalam penyajian bubur, gado-gado, ketoprak, dan lain sebagainya. Sebagai makanan ringan yang berdiri sendiri emping juga dijual dalam bentuk emping balado.


Emping yang udah digoreng kaya gini penampakannya.
 
 
Yang mau nyobain Emping Mabbruk ini bisa pesen dulu ke ADIN, dengan nomor HP 0813 2148 3625. Dijamin bakal ngorder lagi deh klo udah sekali nyobain.

No comments:

Post a Comment